Sabtu, 26 Februari 2011

simda

IMDA Versi 2.1

  1. PENDAHULUAN

Pemerintah daerah saat ini telah dituntut untuk bisa menghasilkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang memiliki nilai akuntabilitas dan transparansi yang tinggi.

Untuk dapat menghasilkan LPJ tersebut tentunya memerlukan sarana dan prasarana yang memadai, disertai dengan pembelajaran terhadap sumber daya manusia yang dimuliki oleh pemerintah daerah agar dapat memahami dan melaksanakan sistem yang baru dalam pengelolaan keuangan dan pengelolaan barang daerah..

BPKP, dalam hal ini Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah, telah menghasilkan banyak produk yang dapat digunakan Pemda dalam membenahai manajemen pemerintahan daerah.

Hal ini sesuai dengan himbauan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Sidang Paripurna Khusus Dewan Perwakilan Daerah (Kamis, 23 Agustus 2007), dimana dalam salah satu pesannya “Lembaga BPKP juga dapat memberikan asistensi dan konsultasi agar tidak ada kekeliruan dalam pengelolaan dana”.

Hingga saat ini, BPKP telah melakukan implementasi program aplikasi SIMDA versi 2.1. kepada 144 pemerintah daerah.

  1. PRODUK

Produk-produk yang telah dihasilkan Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah dalam sektor Teknologi Informasi sebagai berikut :

  • Program Aplikasi Komputer SIMDA Versi 2.1
  • Program Aplikasi Komputer SIMDA Barang Milik Daerah (BMD)
  • Program Aplikasi Komputer SIMDA Gaji

Program Aplikasi Komputer SIMDA versi 2.1. adalah suatu program aplikasi yang ditunjukan untuk membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerahnya. Dengan aplikasi ini, Pemda dapat melaksanakan pengelolaan keuangan daerahnya secara terintegrasi, dimulai dari penganggaran, penatausahaan hingga akuntansi dan pelaporannya. Dengan demikian output dari aplikasi ini sebagai berikut :

  • Penganggaran : Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), APBD beserta perubahanya, dan Surat Penyediaan Dana (SPD)
  • Penatausahaan : Surat Permintaan Pembayaran (SPP), Surat Perintah Membayar (SPM), Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Surat Tanda Setoran (STS), beserta register-register, dan formulir-formulir pengendalian lainya.
  • Akuntansi dan Pelaporan : Jurnal, Buku Besar, Buku Pembantu, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas dan Neraca.

Program aplikasi ini juga didukung dengan :

  • Buku Manual Sistem dan Prosedur Penganggaran,
  • Buku Manual Sistem dan Prosedur Penatausahaan,
  • Buku Manual Sistem dan Prosedur Akuntansi dan Pelaporan
  • Buku Pedoman Pengoperasian Aplikasi SIMDA Versi 2.1

Program Aplikasi Komputer SIMDA BMD adalah suatu program aplikasi untuk membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan barang daerahnya. Aplikasi ini membantu pemerintah daerah didalam perencanaan, pengadaan, penatausahaan, penghapusan dan akuntansi barang daerah.

Output dari aplikasi ini sebagai berikut :

  • Perencanan : Daftar Rencana Pengadaan Barang Daerah dan Daftar Rencana Pemeliharaan Barang Daerah
  • Pengadaan : Hasil Pengadaan dan Daftar Hasil Pemeliharan Barang
  • Penatausahaan : Kartu Inventaris ruangan (KIR), Kartu Inventaris Barang (KIB), Buku Inventaris (BI), Daftar Mutasi Barang Daerah, dan Rekap Hasil Sensus
  • Penghapusan : Daftar Barang yang Dihapuskan
  • Akuntansi : Daftar Barng yang masuk Neraca beserta lampiran Neraca dan Daftar Penyusutan Aset Tetap.

Program aplikasi ini juga didukung dengan Buku Pedoman Pengoperasian Aplikasi SIMDA BMD.

Program Aplikasi Komputer SIMDA Gaji suatu program aplikasi untuk membantu pemerintah daerah dalam pengolahan data gaji pegawai.

Ouput dari aplikasi sebagai berikut :

  • Daftar Gaji
  • Daftar Pegawai
  • Register

Program aplikasi ini juga didukung dengan Buku Pedoman Pengoperasian Aplikasi SIMDA Gaji.

Dengan menggunakan Program Aplikasi tersebut diatas maka kelebihan dan kemudahan yang diperoleh Pemerintah daerah adalah :

  • Data base terpadu, tidak perlu input berulang-ulang untuk data yang sama
  • Data yang masuk akan tercek dan recek secara otomatis (validasi data terjamin)
  • Fleksibel, dapat menghasilkan inbformasi sesuai kebutuhan
    • Output dapat diseduaikan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku
    • Ouput dapat disajikan berdasarkan kebutuhan manajemen pemerintah daerah untuk mengambil keputusan/kebijakan
  1. PEMELIHARAAN

BPKP adalah Lembaga Pemerintah yang memiliki Perwakilan di hampir setiap Provinsi di seluruh Indonesia, sehingga kami siap memberikan jaminan atas program komputer sebagai perwujudan visi dan misi kami.

Oleh karena itu, BPKP siap membantu untuk memberikan asistensi penerapan sistem aplikasi ini dan memberikan bimbingan teknis kepada aparat Pemda yang terkait, khususnya terhadap Pemda yang telah mengikat MoU dengan BPKP.

Bagi daerah-daerah lain yang belum mengikat MoU, BPKP juga menyiapkan diri untuk melakukan MoU dalam rangka penerapan program aplikasi ini.

Upaya-upaya yang telah dilakukan BPKP ini merupakan komitmen BPKP dalam rangka turut serta mensukseskan otonomi daerah, sesuai misi BPKP

” Mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, meningkatnya pelayanan publik, serta terwujudnya iklim yang mencegah KKN” .

Tim Aplikasi SIMDA
Jl. Pramuka No 33 Jakarta Timur - Jakarta 13120
Lantai 10 Sayap Barat Ruang Tim Aplikasi SIMDA
Telp. (021) 85910031, ext. 1028, 1057, Fax. (021) 85910031
Email: timaplikasi@yahoo.com

Tidak ada komentar: